PROMO PICANTO DP 18JUTA HUBUNGI DICKI 083824770225 PROSES KAMI BANTU SAMPAI ACC
Diberdayakan oleh Blogger.

Cara mencuci mobil yang benar

Buat RR yang ingin tampilan mobilnya kinclong, tapi malas ke salon, bisa mengikuti tips berikut: 
 
Pertama2 toolsnya dulu :
Minimal perlu
- Ember (usahakan 2 ember)
- Selang air
- Shampoo mobil ph balance (lebih baik menggunakan shampo yg sudah mengadung wax sekalian)
- Wash mitt (klo ga ada bisa pake mf towel kecil) - buat bodi mobil
- Sponge - buat velg
- Sikat ban (ane pake sikat buat nyuci baju+sikat gigi) - buat ban n footstep bar
 
Kenapa disarankan perlu 2 ember? pertama-tama ane jelasin secara singkat tentang 2 bucket method, yaitu penggunaan dua ember untuk dua tujuan yg berbeda :
1 ember berisi larutan shampo+air, 1 ember lagi berisi air saja untuk membilas wash mitt kita.
Tujuan dari metode ini ialah untuk menjaga agar kotoran yang menempel pada wash mitt saat kita mencuci tidak mengotori larutan shampo+air, sehingga mencegah resiko baret (swirl n scratch) pada bodi akibat kotoran yg menempel tersebut. Kotoran yg tertinggal itu lah yg menyebabkan timbulnya baret halus pada mobil saat kita mencuci.
Apa mobil kita ada baret halus? penasaran? coba sekarang anda lihat mobil dibawah terik matahari atau sinar lampu terang, adakah penampakan seperti dibawah ini?
 

 
Pilih shampoo yang PH balance, baca keterangan di produk.
kemudian jika sampo mengadung wax, pilih jenis yang sesuai dengan wax yang dipakai mobil. wax sintetik (polimer) atau non sintetik (carnauba) agar lebih bonding dengan wax mobil.
 
lalu apa bedanya shampo murah dan shampo mahal?
kit + wax orange rp 24rb vs megs wash n wax 130rb?
1. kemampuan menghilangkan kotoran tanpa perlu menggosok wash mitt secara berlebihan.
2. kecepatan busa sisa sabun hilang dari mobil. hal ini penting karena sampo yg entry level, cepat kering tapi busa tidak hilang, alhasil malah meninggalkan noda kotoran di cat mobil. sampo sampo yang high level, akan cepat hilang tapi membawa serta kotorannya. jadi pada saat pembilasan mobil, tidak perlu usaha keras.
 
PROSES Ke-1 yaitu membersihkan roda terlebih dahulu
toolsnya :
- sponge
- sikat ban
Prosesnya seperti biasa basahi dulu bagian roda secara menyeluruh, lalu sikat dengan larutan shampo+air, ingat jangan mencelupkan sikat/sponge yg sudah kotor langsung ke ember larutan shampo, terlebih dahulu bilaslah pada ember berisi air bersih atau bilas dengan air keran hingga benar2 bersih sebelum mencelupkan ke larutan shampo, jangan lupa bersihkan juga bagian dalam spakbor dan footstep bar. Bilas bila semua roda telah selesai dibersihkan
 
PROSES Ke-2 yaitu mulai membersihkan bodi mobil dengan shampo, dimulai dari bagian atas terlebih dahulu.
Gravitasi adalah alasan utama kita melakukan hal ini, tujuannya agar bagian bawah mobil tidak terkotori lagi oleh kotoran yg berasal dari bagian atas mobil
toolsnya :
- wash mitt / mf towel
Prosesnya basahi dulu menggunakan selang air, dari bagian atas terlebih dahulu kemudian kebawah. Lebih baik bila menggunakan air bertekanan (klo ane pake sprayer yg buat nyiram tanaman), jet washer or a foam gun will make this step a lot easier. Untuk mobil yang sangat kotor (banyak lumpur kering, etc) gunakan tangan kita untuk membasuh secara lembut bodi mobil kita sewaktu membilas dengan air, sembari membersihkan kotoran sambil dirasakan kotoran2 mana yg masih menempel pada mobil, jangan gunakan wash mitt pada proses ini karena resiko baret sangat besar, gunakan hanya tangan anda, ingat, jangan pake pressure yah guys, perlakukan mobil anda layaknya anda memperlakukan pasangan anda hehe.
Sesudah seluruh bodi mobil basah, mulailah membersihkan dengan shampo dimulai dari bagian atap mobil, jangan lupa menerapkan metode 2 ember yg tadi ane jelasin. Gunakan satu sisi wash mitt untuk first swipe, dan sisi lainnya bila sisi pertama telah kotor. Selalu raba wash mitt untuk mengecek apabila ada kotoran keras yg menempel. Jangan lupa untuk mencek ember berisi air, ganti air bila sudah terlalu kotor/keruh.
 
Ringkasan proses ke 3 = flooding -> blotting/swipping -> final swipe
 
Cermati bagian2 yg berpotensi menyimpan air seperti spion samping, body moulding, celah fuel tank, talang air, pastikan bagian2 ini benar2 kering terlebih dahulu...
 
Setelah proses di atas selesai, cek apabila masih ada bagian yg masih belum kering, jangan lupa buka pintu bagasi anda guna mengeringkan bagian2 dalam pintu, bagian dalam pintu samping juga jangan lupa yah!
 
Setelah itu monggo dilanjut buat perawatan setelah itu, mau di prep-polish-wax(klo kuat n niat) or just simply park your car n let her rest for today
 
Usahakan untuk mencuci mobil sekurang-kurangnya 1 minggu sekali, dengan begitu maka pekerjaan yang "membosankan" ini akan menjadi lebih ringan.
Apabila mobil terkena hujan, disarankan sebisa mungkin segera dicuci, minimal dibilas dengan air untuk merontokkan lumpur yg tebal2 n segera dicuci keesokan harinya.
Mudah2n dengan tips/tutorial ini kita semua bisa belajar bagaimana mencuci mobil dengan benar. Perlu diketahui bahwa dengan cara cuci inipun swirl masih mungkin terjadi namun diharapkan dengan metode yg ane jabarkan disini dapat meminimalisir kemungkinan tersebut...sekian
  
mengutip dari salah satu tag tulisan di forum detailing...
Are you washing your car, or just damaging the paint?
 
*dari berbagai sumber

Amunisi :


Share on Google Plus

About divapart

UNTUK BERTANYA TENTANG PRODUK KIA, dan PEMBELIAN SECARA CASH/ KREDIT WILAYAH 3 CIREBON SILAHKAN HUBUNGI 083824770225
    Blogger Comment
    Facebook Comment
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com